Kota Singkawang|Raja Taxi tlp 0813 4500 6566

Jasa Taxi Pontianak Layanan Taxi Raja Taxi Pontianak RATU TAXI Pontianak Taxi bandara pontianak Taxi Pontianak

Taxipontianak.com-Siangkawang adalah senuah kota atau kotamadya di Kalimantan Barat, Indonesia., yang terletak sekitar 150 km sebelah utara dari kota Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat. Dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok.

GAMBAR LOGO KOTA SINGKAWANG

GAMBAR PAWAI TAKBIR KELILING KOTA SINGKAWANG

GAMBAR PERAYAAN CAP GO MEH DI SINGKAWANG

Singkawang memperoleh status kota berdasarkan UU No 12/2001, tanggal 21 juni 2001. Berdasarkan Perda kota Singkawang Nomor 1 tahun 2003 tentang perubahan desa menjadi kelurahan dan Perda Nomor 2 tahun 2003 tentang pembentukan dan perubahan nama kecamatan di kota Singkawang. Sesuai dengan Perda tersebut singkawang di bagi atas 5 kecamatan dan 26 kelurahan.

Singkawang Barat, terdapat 4 wilayah kelurahan yaitu kelurahan Pasiran, kelurahan Melayu, kelurahan.Kuala, dan kelurahan Tengah.

Singkawang Utara yang terdiri atas 7 wilayah kelurahan yaitu kelurahan Sei Garam Hilir, kelurahan Naram, kelurahan Sei Bulan, kelurahan Sei Rasau, kelurahan Setapuk Kecil, kelurahan Setapuk Besar dan kelurahan Semelagi Kecil.

Singkawang Selatan yang terdiri atas 4 wilayah kelurahan yaitu kelurahan Sedau, kelurahan Sijangkung, kelurahan Pangmilang dan kelurahan Sagatani.

Singkawang Timur yang terdiri atas 5 wilayah kelurahan antara lain kelurahan Sanggau Kulor, kelurahan Pajintan, kelurahan Nyarumkop, kelurahan Bagak Sahwa, dan kelurahan Mayasopa.

Singkawang Tengah yang terdiri atas 6 kelurahan yaitu kelurahan Roban, kelurahan Condong, kelurahan Sekip Lama, kelurahan Jawa, kelurahan Sei Wei, dan kelurahan Bukit Batu.

Kota ini dinobatkan sebagai kota yang paling toleran di Indonesia dan peringkat paling bawah adalah Tanjung Balai, Sumatera Utara. Disamping itu kota ini meraih penghargaan Ki Hajar Dewantara Award tahun 2018 untuk bidang pendidikan yang berbasis teknologi Imformasi dan penghargaan kota peduli Hak Asasi Manusia selama dua tahun berturut-turut yaitu tahun 2016 dan tahun 2017.

Toleransi di kota ini merupakan keharmonisan yang selalu dijaga, bahkan setiap tahunnya selalu diadakan takbir keliling yang dipusatkan di panggung takbir halaman Mesjid Raya Singkawang. Selain itu juga selalu diadakan festival Cap Go Meh disetiap tahunnya. Kerukunan yang terus menerus dijaga dan dirawat membuat kota ini akhirnya dinobatkan sebagai kota yang paling toleran di Indionesia.

Kota Singkawang memiliki Motto Bersatu Untuk Maju, Singkawang Berkualitas. Awalnya Singkawang merupakan sebuah desa bagian wilayah Kesultanan Sambas dab sebagi tempat singgah para pedagang dan penambang emas dari Moterado. Para pedagang dan penambang yang sebaguan besar berasal dari negeri China, sebelum menuju ke Monterado mereka terlbih dahulu beristirahat di Singkawang, dan juga digunakan sebagai tempat transit pengngkutan hasi tambang emas.

Melihat perkembangan Singkawang yang dinilai oleh mereka yang cukup menjanjikan, sehingga antaea penambang tersebut beralih profesi, ada yang menjdi petani dan pedagang yang pada akhirnya para penambang itu tinggal dan menetap di Singkawang.