4 Taksi Online dengan Perbandingan Tarifnya

taxipontianak.com – 4 Taksi Online dengan Perbandingan Tarifnya, Kini, solusi layanan transportasi berbasis online kian marak. Seiring menjamurnya ojek online, taksi online pun seolah tidak mau ketinggalan tren. Layanan taksi online sangat cocok bagi Anda yang ingin mengutamakan kenyamanan dalam perjalanan.

Dengan layanan ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan taksi tanpa harus berlama-lama mengantre di taxi line atau melambaikan tangan di pinggir jalan. Cukup memesannya melalui aplikasi yang dapat diunduh pada perangkat yang Anda gunakan.

Persaingan para pebisnis taksi online pun makin ketat. Dari sisi pengemudi, mereka bisa meraup penghasilan yang cukup fantastis. Seperti pengemudi GrabTaxi yang bisa meraup penghasilan mulai dari Rp 7 juta per bulan.

Inilah daftar perbandingan tarif taksi berbasis online.

GrabTaxi

Layanan taksi berbasis online asal Malaysia ini mulai masuk ke Indonesia sejak Juni 2014. Dalam operasinya, GrabTaxi menggandeng beberapa mitra sopir dan perusahaan taksi yang sudah beroperasi.

Saat ini, GrabTaxi sudah hadir di 6 negara di Asia Tenggara yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia dan Filipina.

Untuk di Indonesia, GrabTaxi telah hadir di Jabodetabek, Padang dan Surabaya. Aplikasi GrabTaxi bisa diunduh di pusat aplikasi Google Play, App Store dan Blackberry World.

GrabTaxi menggunakan sistem argo dengan biaya awal Rp 7.500, sesuai standar argo taksi pada umumnya.

GrabCar

Masih satu naungan dengan GrabTaxi, GrabCar sudah beroperasi di Bali sejak Juni 2015. Namun mulai Agustus 2015, GrabCar sudah tersedia di Jakarta.

GrabCar adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk memesan kendaraan pribadi berlisensi melalui aplikasi GrabTaxi. Para pengguna cukup memilih opsi kendaraan GrabCar di aplikasi GrabTaxi dan mengikuti instruksi yang sama seperti saat memesan taksi.

Yang menjadi perbedaan antara GrabCar dengan GrabTaxi adalah dari jenis kendaraan yang digunakan. GrabTaxi menggunakan mitra taksi resmi yang dapat mengantarkan penumpangnya, sementara GrabCar memanfaatkan kendaraan roda empat dengan pelat hitam.

GrabCar mematok tarif awal Rp 7.000, disusul Rp 4.500 per km selanjutnya. Ada 3 jenis mobil yang ditawarkan, antara lain Economy, Premium dan 6-Seater.

Uber

Uber sudah hadir di lebih dari 58 negara. Namun di Indonesia, kehadiran Uber baru diresmikan pada Agustus 2014. Di Indonesia, layanan dengan armada mobil berpelat hitam ini telah hadir di Jakarta, Bandung dan Bali.

Berbeda dengan layanan transportasi online lainnya, Uber menggunakan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit dan tidak menggunakan transaksi tunai atau cash.

Uber menghadirkan 2 jenis layanan yang berbeda sesuai dengan tarif dan kendaraan yang digunakan, yakni UberX dan UberBlack.

Pada UberX, tarif yang dikenakan sebesar Rp 3.000, serta tarif per km Rp 2.000 dengan tarif per menit Rp 300. UberX menggunakan armada mobil seperti Toyota Avanza.

Sedangkan UberBlack menggunakan tarif dasar Rp 7.000, tarif per km Rp 2.850 dan tarif per menit Rp 500. UberBlack memiliki standar mobil Toyota Innova (dan mobil lebih mewah lain) sebagai layanannya.

Bajaj App

Meskipun bukan armada taksi, namun bajaj menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh warga Ibu Kota. Dengan hadirnya Bajaj App, maka penumpang bisa mendapatkan moda transportasi bajaj berbasis online.

Layanan ini resmi diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta pada Agustus 2015. Sedikitnya ada 400 bajaj yang terpasang aplikasi Bajaj App. Layanan ini menggunakan armada bajaj berbahan bakar gas (BBG) yang lebih ramah lingkungan.

Tarif yang dikenakan sebesar Rp 16.000 per 2,5 km. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk bernegosiasi harga dengan sopir bajaj.

Keunggulan lainnya adalah layanan ini akan memperkirakan waktu, jarak, dan kecepatan. Artinya, kalau terjebak macet atau terlambat, tarif akan semakin murah.

Ada satu hal yang menarik. Dalam kolom aplikasi Bajaj App, tertera tips bagi sang sopir. Meskipun tak wajib diisi, calon penumpang dipersilakan memberikan tips maksimal Rp 15.000. Jika lebih dari itu, akan ada pemberitahuan bahwa tips terlalu banyak, dan otomatis dibatalkan.

Setelah itu, calon penumpang akan diajak menuju kolom pembayaran. Di sini, dijelaskan secara rinci besaran tarif yang harus dibayarkan.

Tarif dasar perjalanan akan dikenai tambahan Rp 5.000 jika jumlah penumpang lebih dari satu orang, dan tambahan Rp 5.000 jika membawa barang bawaan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *